MACAM-MACAM MODEL PEMBELAJARAN BHS.INDONESIA

MACAM-MACAM MODEL PEMBELAJARAN BHS.INDONESIA
Sederet pertanyaan di bawah ini barangkali dapat mencerminkan kondisi pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar yang perlu mendapatkan perhatian para pendidik di tanah air tercinta. Jelas pertanyaan ini tidak perlu jawaban langsung, tetapi hanya sekedar refleksi dan introspeksi diri kita masing-masing tentang bagaimana mengolah pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolaha Dasar menjadi kian bermutu, berbobot dan bermakna. Bagaimana kondisi pembelajaran bahasa Indonesia di Sekolah Dasar? Apakah pembelajarannya berlangsung secara menarik, menyenangkan? Apakah pembelajarannya memungkinkan siswa untuk kreatif dan menemukan sendiri pengetahuan, keterampilan, dan nilai-nilai? Apakah hasil pembelajarannya sudah sesuai dengan kompetensi yang diharapkan dalam kurikulum?
SOLUSI Bagaimana mengatasi masalah yang terjadi dalam pembelajaran bahasa Indonesia? Guru perlu memahami secara benar Kurikulum yang berlaku. Guru perlu merancang dan menerapkan model pembelajaran yang inovatif dan kreatif.
Model Pembelajaran Mendengarkan Berbicara Membaca Menulis Apresiasi Sastra
Model Pembelajaran Mendengarkan Dengar Ulang Ucap Dengar Tirukan Dengar Kerjakan Dengar Tulis Dengar Rangkum
Model Pembelajaran Berbicara Ulang Ucap Lihat Ucapkan Memerikan Menjawab Pertanyaan Bertanya Reka Cerita Gambar Melanjutkan Cerita Menceritakan Kembali
Bercerita Parafrase Bermain Peran
Model Pembelajaran Membaca Baca – Rangkum Baca – Ceritakan Baca – Susun Pertanyaan Baca – Jawab Pertanyaan Baca – Peragakan Baca – Parafrasekan Baca – Ubah
MODEL PEMBELAJARAN MENULIS/MENGARANG Menulis objek langsung Menulis objek gambar Menulis beranting Menulis re-kreasi Menulis imajinatif
MODEL PEMBELAJARAN SASTRA
Pembelajaran Sastra dilakukan dalam konteks keterampilan berbahasa yang menggunakan materi sastra. Sehingga model pembelajaran mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis yang diungkap di muka dapat diterapkan dalam pembelajaran sastra.
Namun demikian, ada beberapa model atau teknik pembelajaran khas sastra yang akan disampaikan berikut ini.
Model Pembelajaran Sastra : Ganti Tokoh Ganti Latar Urutan Alur Skema Tokoh Tabel Kesan Tokoh Lanjutkan Cerita Parafrase Puisi Melagukan Puisi/Pantun Baca Puisi Perseorangan/Berpasangan/Serempak

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s